Mencari Pelangi

London : Feeding my brain & heart

Selama dua bulan (9 Sep – 9 Nov 2012) Ak nyoba tinggal di London… ceritanya sih pengen “Improve my Eglish” padahal mah tujuan utama teuteup traveling…hehe. Kenapa yaa ak memilih London??! Cekidot..!!

tra1 tra londoneye2

3 minggu pertama ak tinggal di daerah Lewisham (Ardgowan road), hampir tiap hari ak pulang malem. Entah karna masih beradaptasi atau ngerasa ga nyaman di rumah atau karna bener2 ga kuat ingin menyalurkan hobby jalan2…hihi. Kerjaannya abis kursus langsung muter2 di sekitar Zona 1 London. Memang disitu pusatnya kota London n tempat turis tumpah ruah. Naaah… Ada yg menarik perhatianku setiap ak pulang sekitar jam 9-10 pm dengan menggunakan kereta, hampir tiap hari ak liat nenek2 sendiri naik kereta juga… “kasian juga nih nenek ga ada yg nganter”. Tapi kayanya di London sini hal tsb memang udah biasa. Nenek2 disini pada sehat2 & berani2 …good !!

Then…5 Minggu berikutnya ak tinggal di Charlton samping lapangan sepak bola Charlton (view fr my room). Kalau dirumah Susan ini ak kerasan bangeeed. Masakannya uenak tenan. N tentu saja semua fasilitas di rumah ini TOP. Thanks Susan for your kindness & hospitality. I’ll never forget it.

frs1 ucu susan

Yook kita tinggalkan tempat tinggalku selama di London. Kita beralih kemasalah Zona yang sempat ak sebut di atas. Ya.. wilayah London terbagi menjadi 6 zona. Zona 1 adalah pusat kota, makin besar angkanya makin kepinggiran. Naah untuk urusan transportasi, kita harus beli tiket sesuai zona tsb. Pada saat disana (Sep-Okt 2012) ak menggunaan Oyster Card (Olympic series) dari Zona 1-3. Harganya 34,2 pounds weekly. Dengan oyster card ini ak bebas menggunakan semua alat transportasi (bus & train) dari zona 1 smp zona 3 tanpa batas penggunaan, kecuali batas waktu yg seminggu. Kalaupun keluar zona paling ak harus top up. Untuk masalah transportasi di London memang keren Abizzz!! Tertata rapih & gampang bgt nyari info jalurnya. Di setiap terminal & station pasti ada peta & rutenya. Trus jadwal kedatangannyapun cepet, ga pake nunggu lama. Pokokna top markotop deh…

Sebenernya… my fav transportation is the red bus… Ya! semua angkutan umum jenis bis disana memang berwarna merah. Kebayang ga… di kota yang penuh dengan bangunan tua (spt lukisan hitam putih) trus banyak lalu lalang bis berwarna merah serta dihiasi box telpon umum berwarna merah dipinggiran jalan. Menurutku sih.. indah, menarik n ajaib 😀
So… Ak memilih menggunakan bis untuk perjalanan jarak pendek dan sekitar pusat kota. Walaupun sering kali macet karena lalu lalang turis dijalanan, tapi rasanya sayang bila melawatkan pemandangan yang indah begitu saja. Selain itu… untuk gonta ganti bis jika beda rute biasanya jarak antara masing2 bus station ga terlalu jauh. Beda dengan kereta yang biasany cukup jauh untuk gonta ganti kereta terutama overground. Tapi untuk jarak jauh menggunakan kereta Underground (tube) atau Overground tetap juaranya!!!

transtaxi Londonsepeda Londondirection
Ada satu lagi alat transportasi disana yang cukup unik, yaitu sepeda. Disana banyak bgt docking station alias tempat penyewaan sepeda. Sepeda onthel dengan nama Barclays cycle hire (BCH) ini semua berwarna abu biru. Tapi kalau mo sewa self service yaa!!! Uang sewanya ada 2 macam. Satu uang akses & satunya uang pemakaian (tergantung waktu). Uang akses ada yang perhari (2 pounds), seminggu atau setahun. Untuk pemakaian 30 menit pertama free, s/d 1 jam 1 pound, lewat dr 1 jam tentu aja nambah lagi… Jadi untuk sewa sepeda ini yang paing murah ya 2P + 1P alias 3 Pounds atau 45 ribulah sekali pake. Mayan kan…sehat !!!

taman IMG_9532 Bigbang IMG_9540

Niiihh jawaban untuk pertanyaan di atas…kenapa ak memilih London…  “karena di London buanyak tempat wisata dengan bangunan2 tua di sekitar kota”… 🙂 Tapiiii yang pertama kali menarik perhatianku saat di London adalah TAMAN. Ya!! di London banyak sekali taman. Tamannya hidup lagi..xixi, maksudnya rapih, asri, dan selalu aja ada yg memanfaatkan alias ada pengunjungnya, entah cuma berjemur, baca novel, ngobrol, ngemil dll. Asyik ngeliatnya, seperti mengisi hidup dengan cara santai tapi bermanfaat.

buc2 buc1 alone2 tentara
Tempat wisata lain yang wajib dikunjungi & jadi pusatnya para turis adalah kawasan wisata sekitar Westminster abbey, Trafalgar Square, Piccadilly Circus, Oxford Street sampai ke Buckingham Palace… Wooow rame banged, keren!! Ga pernah bosen nih kalo kedaerah ini, buat foto2 n shopping pastinya. Ada juga spot2 lain yang tidak kalah menarik diantaranya London Bridge, Abbey Road, Greenwich, Harrold dll… Banyak Boo!!

market harrod abbeyRoad
Selain tempat wisata dalam kota, tentu saja banyak tempat lain di pinggiran kota yang menarik untuk dikunjungi. Tapi berhubung disana hanya 2 bulan & waktu luang hanya di weekend… so akhirnya ak memilih tempat2 yg cukup punya nilai sejarah, indah, ngetop n menarik!!!
Weekend pertama di London ak ikut one day trip dari EF ke Oxford. Itu loh tempat shuttingnya film Harry Potter & tentu saja tempat University of Oxford yg sangat terkenal berada, N merupakan universitas tertua di UK (1096). Sayang pada saat kesana hujan turun cukup lebat. Jadi hanya sedikit yang bisa ak jepret. Padahal kota ini cukup indah & banyak banget bangunan tua yg bisa jadi objek foto… 😦

Oxford2 Oxford oxford3
Lalu ikut one day trip ke Cambridge. Disini juga terdapat Universitas yang cukup terkenal yaitu University of Cambridge, yang berdiri sejak tahun 1209. Walau tidak seindah Oxford tapi Cambridge cukup menarik. Terutama waktu diajak keliling kota dengan menggunakan perahu kayu. Hmm… yg dayung banyak yg melirik nih xixixi.

camb2 camb3 Camb
Lalu iseng ikut one day trip ke Salisbury, Stonehenge and bath. Ooo iya kalo ikut one day trip melalui travel biayanya sekitar 75-80 pounds ke 2 atau 3 tempat yang dikunjungi. Tour biasanya menggunakan bis wisata dari Victoria Coach Station. Untuk 3 tempat wisata yg dikunjungi kali ini, tentu saja Stonehenge yang jadi incaran ak. Selain karna merupakan salah satu keajaiban dunia, menurutku batu2 ini memang cukup unik, berdiri dihamparan padang rumput. Untung aja ga ada pdg kaki 5 disekitarnya… 😀

sthg3 StHg sthg2

Sempet juga wisata ke Windsor Castle naik kereta dari Waterloo st ke Windsor & Eton riverside st. Lama perjalanan sekitar 1 jam, dengan harga tiket 10 pounds return. Kali ini ak jalan hanya bertiga. Hanya untuk liat2 castle n maksi di Nandos (my fav resto in London).

win1 win2 win3
Kalau yang aga lama alias sampe nginep 2 malem, waktu ak tour ke Edinburgh atau lebih dikenal dengan nama Scotland. Jalan berempat dengan teman2, berangkat naik kereta dari Kings Cross St ke Waverley Station. Lama perjalanan sekitar 5 jam, harga tiket 99,2 Pounds return perorang. N nginep buat 2 malem dengan harga room 144 pounds u/ 4 orang. Kota ini sungguh cukup indah. Bangunan tua menghiasi setiap sudut kota. Taman2 tertata rapih, resto, cafe dan buanyak sekali toko suvenir disepanjang jalan. Awalnya kita berempat berniat ikut free walking tour, tapi ada miskom jadi kita ketinggalan… :(. Akhirnya kita jalan sendiri ke beberapa tempat wisata. Tempat2 wisatanya memang berdekatan, hanya dengan berjalan kaki kita bisa menjangkaunya… yaa cape dikit lah wajar… 😀 Yang paling ngetop disana tentu saja Edinburgh Castle. Harga tiket masuk ke castle sebesar 34 pounds. Ada juga Royal Mile, National Museum, Scott Monument dll. Dan yang tidak kalah menarik adalah shopping.. shopping.. shopping.. Ya keluar masuk kios2 suvenir.. N toko suvenir yang selalu ak cari disetiap kota yaitu Hard Rock Cafe…heuheu.

edin1 edin2 edin3

Naah bicara soal shopping…. pada minggu terakhir di kota London ak ikut one day trip ke “Bicester de Village”. Ini tempat shopping barang2 branded yang luaaarrrr biasa. Discount nya beneran loohh !! Penataan kiosnya pun unique, simple & nice. Tapi yang paling ajaib adalah turis2 yang belanja disana, Gileee satu orang bisa nenteng belanjaan sampai 10 kantong. Dooohh Ngiler abiizzz pokokna!! Selain itu yang bikin ak seneng….disini tersedia mushola…. 🙂

market3 market1 market2a

Satu lagi cerita terakhir dr London.. Waktu minggu pertama ak tiba di London, ak iseng beli tiket buat pertunjukan “Phantom of the Opera” sekitar 35 pounds. Kebayang dong baru tiba disana mana tau lokasi pertunjukan. Bahkan ak ga tau ini pertunjukan apa?! Alhasil ak dateng telat ke teater tempat pertunjukan. Eeeennd sumpeh kaga ngarti sama sekali… Owh!!!

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: