Mencari Pelangi

Seven Summits ala Ushye… ;)

#3 Mt. Prau Dieng : 2565 MDPL

DCIM100MEDIADJI_0053.JPG

Tong protes jiga caroge sy yah… “Maenya 2.500 oge summit?!!” saurna teh kitu bari nyeungseurikeun. “Iihhh pan summit ala Ushye…” jawab sy. “Iyeu oge tos summit ka 3. Nukahiji naek Gn Hambalang nuju SD, nukadua Gn Papandayan basa taun kamari tea naekna.” Lanjut sy bari nyengir kuda…. 😀

“Heee tong ngerakeun atuh, lagian emang km punya bukti pernah naik gn hambalang jaman bareto?” tanya doi lagi. “hmm… Ga punya. Gpp lah yg penting udah pernah, saksinya banyak qok…hehe” N akhirnya doi pun nyerah ga mau berargumen lg. “Sesuka km lah.” paling dalam hati dia ngomong gitu…. 😀

Yoook ah ga usah pusing kata orang, kita mulai trekking aja nyoook !!!

Jam 2 am terdengar bunyi Alarm n sy pun langsung bangun n siap2 ngangkut ransel ke mobil. Jarak dr Homestay Bunga tempat kita menginap ke Basecamp Tapak Banteng sekitar 10 mnt naik kendaraan. Setelah registrasi n berdoa,  akhirnya jam 3 am kita mulai pendakian.

IMG_3753

Dingin bgt Booo… suhu di 13°C, td malem sempet di 10°C. Malah menurut ponakan sy Dafin suhu di Dieng pernah smp 3°C. Ohh ya, ponakan sy ini yg jadi tour guide pendakian. Dia mmg hobby naik gunung, sy pun naik gn Papandayan n Prau atas saran dia. Kata dia Gn Papandayan n Prau masih bisa dijangkau untuk pemula spt sy… 😉

Lanjut Trekkiiing…. Kita ber 12 orang. Terdiri dari 3 Orang ponakan sy udah pengalaman naik gunung, krucil 4 orang,  bapak2 2 orang n sisanya 3 orang emak2. Jalur Tapak Banteng ini jalur terpendek pendakian gn Prau, tapiiii dari awal pendakian kita langsung menaiki deretan anak tangga nan curam. Hasilnya baru beberapa langkah langsung hahehoh… Kynya setiap 5 menit kita istirahat. Keluhannyapun macem2, ada yg mual, sakit perut, pusing, cape, dlllll. HAHAHA. Buuut dr awal kita komit, kita naik pelan2, ga perlu dipaksain n kl perlu istirahat harus bilang!!!

Setelah melewati anak tangga yg jumlahnya entah berapa, pendakian dilanjut dengan menapaki jalan mulus setengah aspal. Sebenarnya sampai unjung jalanan mulus ini masih bisa ditempuh dengan ojek alias motor masih bisa masuk. Setelah jalan yg mulus ini, barulah kita trekking di jalan berbatu dan tanah kering.

Selain jalurnya yang curam, angin disinipun cukup kencang. Tanah kering dan debu pun berterbangan bikin kita sulit bernapas dan mata sering kelilipan kena debu. Setelah memasuki area hutan, barulah pendakian aga sedikit ringan. Minimal angin kencang terhalang oleh pohon2.

IMG_3837

Terus terang kita mah banyak istirahatnya. Wong kita kebanyakan amatir keneh hehe. Alhasil pendakian yang semestinya hanya 3 jam, kita tempuh selama 4 jam. Sakiyeu oge uyuhannya !!!

Alhamdulillah kita semua berhasil sampai ke puncak Prau. Legaaa rasanya sampai di Puncak Prau. Rasa cape terbayar dengan pemandangan yang sangaaat indah. Sekali lagi sangaaaat Indah. Yup Indah apalagi setelah bercape2 ria rasanya jadi spektakuler pisan deh… 😀

IMG_3820

Yang pertama sy liat di Pucak Prau ini deretan tenda yang berwarna warni, banyaaak bgt. Bagus, lucu, amazing… Rame bingitss. Haru campur bingung, ko bisa orang2 sebanyak ini di atas gunung. Ahh mereka mungkin mencari sunrise…!! Kita mah ga kebagian sunrise karna sampe puncak udah jam 7, So… si empunya sunrise sudah naik ke atas.

Laluuu terlihat Gn Sindoro n Gn Sumbing berderet cukup dekat. Spot ke arah 2 gunung ini yg sebenarnya paling wokeh, hanya saja sinar matahari dari arah samping, alhasil foto langit tidak begitu biru. Ke arah bukit lah yg bisa menghasilkan foto langit benar2 biru. Selain Gn Sindoro dan Gn Sumbing, di sisi kiri gunung tersebut ada Gn Merbabu dan Gn Merapi, terlihat kecil dan diselimuti awan tipis.

Akhirnya kitapun menggelar tiker, lalu sarapan plus ngupi2 N tentu aja foto2 yg banyaaaak, biar ga dibilang hoax kl sy sudah pernah mendaki Gn Prau… Cheeessss… 😉

Tips:

  1. Kalau mau liat Sunrise min jam 2 am sudah mulai pendakian.
  2. Bawa air minum yg cukup karna di atas tidak ada mata air.
  3. Wajib membawa Jacket, Buff, kupluk dan sarung tangan, karna suhu di Prau bisa mencapai 3°C serta anginnya cukup kencang.
  4. Usahakan ada sedikit pemanasan biar bodih tidak kaget, serta makan cemilan spy perut ga kosong banget.
  5. Jangan lupa berdoa.
  6. Sekedar Info, registrasi pendakian perorang sebesar Rp. 10.000 sedangkan parkir mobil Rp. 25.000 per mobil.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: