Mencari Pelangi

Apply for a U.S. Visa

Sudah pasti aga deg2an buat apply visa yg satu ini, sebab gaungnya sudah amat menakutkan…hehe. Banyak yang bilang susah!!! Semua proses harus dilakukan sendiri, selain itu online pula ngisi form-nya. Dari pada.. dari pada, akhirnya googling deh buat cari2 info. Baca beberapa blog termasuk buka web resmi untuk pengajuan visa ini. Dari sana banyak tips2 n tata cara pembuatan visa. Yoook kita liat web resminya untuk tau semua hal tentang pengajuan visa ini. Alamat web nya : http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-visaapply.asp

Ak tulis aja d yah step2nya waktu ak ngajuin visa amrik ini. O iya semua tahapan ada dalam alamat web di atas yaa. Kita tinggal klik bagian2 yg kita inginkan, termasuk pada saat online pengisian formulir.

Pertama bayar fee untuk pembuatan visa melalui Bank Permata. Tidak semua bank permata bisa menerima pembayaran U.S Visa. Waktu itu ak bayar di Bank permata MOI. Sebelum datang ke bank, kita harus print  Slip Deposit – $160 biaya MRV terlebih dahulu. Ini fee untuk jenis visa bisnis dan wisatawan. Selain itu ak juga harus mengisi form yg disediakan bank untuk pembayaran visa ini. Isinya cuma nama dan nomor passport.

Setelah itu, barulah ak mengisi form secara online. Dokumen yang harus disiapkan sebelum mengisi form adalah; Passport,  Ijazah & File Foto ukuran 5×5, selain itu siapkan juga dukumen2 mengenai pertanyaan pekerjaan, history perjalan yang pernah dilakukan, serta nama & tgl lahir ortu.

Sebelum ngisi formulir, ak test dulu file fotonya apakah sudah sesuai standar? Karna kalau belum sesuai brarti harus bikin file baru, sampai bener2 sesuai, supaya waktu ngisi formulir ga ada yang kurang.  Setelah formulir terisi lengkap, ada pilihan untuk mereview kembali isi form tadi. Waktu itu ak sampe 3x review, karna kalau ada yang salah bisa2 harus bolak balik ke kedutaan. Setelah ok semua, ak klik “sign & confirmation” untuk mengirim data yg sudah diisikan dalam formulir.

Langkah selanjutkan ak memilih jadwal wawancara di kedutaan. Ada 2 pilihan, jam 7 a.m atau jam 9 a.m. Orang lebih banyak memilih jam 9 kayanya, karna kl jam 7 takut kesiangan juga ya. Jadwal kedatangan sebelum wawancara paling lambat 1/2 jam sebelum waktu wawancara.  Waktu itu sih ak memilih jadwal wawancara 1 minggu setelah pengisian formulir pada jam 9 a.m.

Pada hari H, berangkatlah ak kekeduataan Amrik di Jl. Medan Merdeka Selatan. Parkir mobil di Gambir. Ak cuma bekel Passport, Jadwal wawancara, bukti pembayaran ke bank dan Phas foto 5×5 dan bukti konfirmasi pengisian formulir. Ak ga bawa dokumen lain apalagi barang2 elektronik yang memang ga diperbolehkan untuk dibawa (Barang elektronik harus dititp di post satpam). Eeeeh rupanya kunci mobil termasuk barang elektronik karna ada remote-nya… alhasil ak harus titip kunci mobil, padahal c mba satpam sebelumnya udah bilang “Terima kasih sudah meringankan pekerjaan kami”…. 🙂

Untuk wawancara, tahapannya jg lumayan panjang. Mulai dari antri diluar sekitar 1/2 jam, sebelum diperbolehkan masuk ke kedutaan amrik. Waktu antri ak ditanya passport n jadwal wawancara sama pak satpam. Trus waktu masuk harus melalui pintu scanner untuk memastikan bahwa barang2 yang dilarang benar2 sudah tidak ada. Setelah itu ak dibantu petugas untuk menyiapkan dokumen2 yang akan diserahkan ke loket dokumen. Lalu ambil nomor antrian n setelah dipanggil barulah ak menyerahkan dokumen yang diminta. Petugas pengambilan dokumen ini juga mengajukan beberapa pertanyaan, kayanya untuk melengkapi data yang diperlukan. Kalo disini sih petugas masih orang lokal jadi masih santailah.. hehe. Setelah dokumen masuk ak dapet no grup wawancara. Kayanya grup ini dibagi sesuai dengan jenis visa yang kita ajukan. Satu grup sekitar 8 orang. Setelah dapet grup, lalu satu grup ini dipanggil untuk sidik jari. Beres sidik jari grup ak dipanggil kembali untuk wawancara yang sesungguhnya. Kalo ini sama bule2. Waktu ak sih pertanyaannya cuma kenapa mau ke amrik, sama siapa, kapan, kerja dimana n bagian apa.

Dan akhirnya ak dapet lembaran berwarna putih sambil petugasnya berbicara “Congratulation, your visa is approved. You can take your visa in 3 days.”  Horeeee senangnya!!! Ga gitu denk… ak cuma bilang. “Thank you”…:D

3 hari kemudian ak ketempat yang sudah ditentukan pada saat ak mengisi formulir, untuk mengambil passport n tentu aja sudah ada visa amrik tertera disana, . N waktu ak liat visa amrik ak. Woooww dapet 5 Years Multi Entry. YES!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: