Mencari Pelangi

Road Trip Keliling Pulau Jawa Dalam 6 Hari ~ 2000 Km

Berhubung sy lagi ngebet Road Trip ke Bali, jadi sy posting Road Trip Keliling Pulau Jawa dulu ajah yaa.. Nyambung ga sih 😁. Perjalanan ini sy lakukan udah lama bingits, tahun 2013… hmm masa2 galau kynya, puncaknya mungkin.. OH NO !!!

Markimul… Untuk menuju ujung timur Pulau Jawa, saat itu belum ada tol seperti sekarang. Ehh bahkan sy ga sampai ujung banget, cuma sampai Malang. Tol-nya cuma sampai Cikampek, lalu lanjut Jalan Pantura. So, untuk sampai ke Semarang aja bisa memakan waktu 12 Jam. Kalau perjalanan sekian lama, kayanya badan harus istirahat ya, kebetulan saat itu kita sampai di Semarang jam 9 malem, jadi kita memutuskan untuk cari hotel seketemunya. Perjalanan kala itu memang tidak dipersiapkan secara detail, sy hanya booking hotel di Bromo dan Malang. Oh iya, c Hubby mah kalau jalan2 ga pernah mau tau itinerary-nya, dia mah ga mau ikut pusing bikin rencana perjalanan, pokoknya tinggal jalan aja, kalau ditanya jawabnya pasti “Up to U”, kitu !!! 😏

Lanjuuut… Esok harinya kita langsung cuzz menuju Probolinggo tepatnya ke Java View Lodge Hotel. Perjalanan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur tak sepadat dari Jakarta ke Semarang. Beberapa kali saya sempat istirahat dan foto2 dikit disekitar Rembang-Bancar perbatasan antara Jateng & Jatim. Beberapa kali kita juga melewati Pantai dipinggir jalan Pantura, tapi saat itu kita ga sempet mampir2 di Pantai, karna perjalanan ke Probolinggo masih jauh N bisa memakan waktu lebih dari 12 jam.

Akhirnya kita sampai di Java View Lodge Hotel Probolinggo sekitar jam 10 malam. Padahal dini hari jam 2 kita harus sudah siap menuju Bromo. Oh ya kali ini saya sudah booking Jeep untuk ke Bromo, takut kaya pengalaman pertama ke Bromo tahun 2009, mobil sewaan saya mogok tengah jalan saat ke Bromo, parno ga tuh 😜. So, kita hanya istirahat kurang lebih 3 jam, N jam 2 dini hari mobil Jeep sudah siap depan hotel. Tiris pisan da disana teh… Brrrr. Sy sampe beli syal n kupluk buat menghangatkan tubuh.

Pit Stop 😉 pertama ke Pananjakan Bromo, ini mah tempat liat sunrise yang ngetop seantero dunia… sampe berjubel orang yg mau menyaksikan Matahari muncul dari ufuk timur. Untung sy udah pernah kesini N saat itu dapet momen serta hasil foto yang cukup memuaskan buat sy. Jadi kali kedua kesini dengan wisatawan yang tambah banyak pasti lebih sulit dapet hasil jepretan yang wokeh. Lanjut ke Tengger Caldera, walau dulu pernah kesini tapi buat sy mah tetep antusias… acan bosen haha.

Masih dengan kendaraan Jeep biru, kita melanjutkan wisata ke Bukit Teletubbies, sy memang belum pernah kesini, jadi ngikut aja apa kata kang driver, kita diajak ke lokasi2 wisata yang mulai ngehits kala itu. Sesuai namanya bukit ini menyerupai bukit2 yang ada di film Teletubbies, hanya bukitnya tidak sebanyak dan serapih seperti di film kartun itu… namanya juga film ya 😉. Stop selanjutnya ke Pasir Berbisik. Kata kang driver, kenapa namanya Pasir Berbisik, karna pernah menjadi lokasi pembuatan Film Pasir Berbisik. Wah disini lebih asik nih buat foto2… hamparan pasir yang berbukit2 berwarna abu cukup luas dan eye catching buat sy. Banyak juga hasil jepretan disini, kaya dimanaaa gitu suasananya. Gurun Sahara kah? haha maklum belum pernah kesana, jadi asal nyebut aja hehe.

Selesai sudah wisata di kawasan Bromo kali ini, N kita kembali ke Lava View Lodge Hotel. Sesampainya di hotel sy cukup terkejut dengan pemandangan dari hotel ke arah Bromo.. WOW keliatan jelas si gunung yang tadi pagi sy kunjungin. Ihh rupanya mantul amat view dari hotel ini. Sy memang aga terkaget-kaget, karena kemaren kan sy sampai di hotel malam hari, jadi belum sempat liat view dari hotel. Menurut saya mah rekomen deh nih hotel.. sila dicoba !!!

Waktunya buat sy check-out dan melanjutkan perjalanan ke Batu Malang. Di batu Malang sy nginep di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel. Saat pertama ke Malang kita juga ke Agrowisata ini, tapi kesorean jadi cuma bentar banget n bikin sy penasaran pengen balik lagi… 😁. Supaya puas akhirnya sy nginep disini haha. Jadi Lava View Lodge Hotel & Kusuma Agrowisata Resort memang jadi highlight perjalanan kala itu.

Hanya semalam aja kita nginep di Batu Malang, dan langsung melanjutkan perjalanan arah pulang ke Bogor. Kalau ke Malang kita lewat Pantura, arah pulang kita lewat jalan tengah dan selatan. Jadi dari Batu kita melewati Pudjon, kalau ga salah saat lewat sana ada jalan longsor.. bikin was2 da yg ky gini teh 🙈 . Lalu melewati Ngantang dan Kediri sebelum akhirnya kita makan siang Nasi Becek di Nganjuk. Selesai maksi kita melanjutkan perjalanan melalui Ngawi-Sragen perbatasan Jatim-Jateng, lalu lanjut menuju Jogjakarta dan menginap semalam di Hotel Melia Jogja. N Tak lupa makan gudeg di Wijilan 😍

Esok harinya perjalanan dilajutkan melalui Kebumen, nah sy inget banget ini tempat asal asisten nyokap yg kerja cukup lama n sedikit berjasa buat keluarga sy.. Tengkyu ya mba Isa, I hope you have a beautiful, happy & fulfilled life. Lanjut perjalanan dan akhirnya sampai di Sumber Alam Resort tempat sy selalu singgah kalau lewat ke Garut. Nginep semalam sebelum besoknya saya kembali ke Bogor. Selesai sudah keliling Jawa kala itu, walau ga dari ujung barat ke ujung timur pulau Jawa, buat sy mah ini keliling Pulau Jawa hehe. Sampai jumpa di wisata2 selanjutnya yaa.. I wish there will be more road trips… Insya Allah. 🥰

5 comments

1. keren.
    jalan-jalan semacam ini hanya ada dalam angan, sulit diwujudukan bagiku yang circle-nya tak ada yang suka hiking.
    Justru lewat pantura yang bikin seru, sebab kalau via tol pengalaman asinya menonton proses agak berkurang.

• Iyya piknik itu emang asik pas diperjalanannya, kalau cuma jalan tol emang ga ada ceritanya hehe. Jadi lebih penting proses ya dari pada hasil.. paling ga lebih seru ya.